Saturday 15 March 2014

Hello kawan ane mau share lagi tentang perkembangan bus indonesia
langsung saja cekidot!!!!!!


Demand New Travego di Indonesia




New Travego, itulah sebutan produk bus builder yg keberadaannya tercetus oleh Mercedes-Benz Jerman.
Di Indonesia, desain bis bis ala daratan Eropa selalu menggegerkan industri pasar karoseri, lebih lebih dua raja rancang bangun body bis asal Malang, sebut saja Adiputro dan Morodadi Prima, yg karyanya justru hanya mencermin dari bis bis ala benua terbesar ketiga itu. Tak heran, pasca lahirnya unit versi pembaruan dari Old Travego itu, dua karoseri di kota apel itulah yg terawal merintisnya di Indonesia.
Dari awal kemunculannya hingga sekarang, New Travego telah mengalami perubahan facelift sebanyak tiga kali, dari yg pertama menggunakan lampu Marcopolo atau sering disebut dengan lampu smile, kemudian varian keduanya mengusung lampu New Marcopolo, dan lampu Royal sebagai generasi ketiganya.
Adiputro varian pertama dengan Lampu Smile
Adiputro varian kedua / New Marcopolo
Adiputro varian terbaru / Jetbus

Namun, biarpun sebenarnya Adiputro lah yg pertama mengenalkan body ini dengan label Royal Coach'nya, tak sedikit pula bahkan hampir semua perusahaan karoseri di Indonesia akhirnya juga tertarik untuk membuat body bis yg memang terpandang gagah nan elegan itu.
Karoseri Tentrem yg merupakan tetangganya, mengenalkan produk basis ini dengan label Jupiter, New Armada memproduksinya dengan tag Avant Garde dan Grand Aristo, lain dari itu Tri Sakti dan Trijaya Union pun tak mau diam melihat geliat para rivalnya
Morodadi varian pertama
Morodadi varian kedua
Morodadi varian terbaru
Tentrem dengan nama Jupiter
New Armada dengan nama Grand Aristo
Trisakti
Trijaya Union
Karoseri HPM
Gunung Mas

Lain dari karya karoseri yg sesungguhnya, deman body bis yg berciri khas adanya tambahan panggul ini juga menyerang pada bengkel interen Perusahaan Otobus itu sendiri. Banyak dari mereka yg sengaja membuat atau hanya merombak body armada kepunyaanya dengan tampilan New Travego.
Rombakan Karoseri Rosalia Indah
Rombakan Garasi Muji Jaya Ngabul
Rombakan Garasi Shantika Ngabul
Rombakan Karoseri Revolution
Rombakan Karoseri Jaya

Ada juga yg ternyata terjangkit oleh wabah body yg identik dengan garis lengkung kaca samping depan ini, namun tak cukup kuat modal untuk pembiayaan modifikasinya, alhasil finishing dari buah kejahilanya pun menghasilkan karya yg lucu untuk dinikmati.
Aslinya body Classic by Restu Ibu
Classic Restu Ibu
Aslinya Concerto Rahayu Santosa
Mungkin Old Travego
Tidak terdeteksi asal muasalnya
Mungkin Skyliner/Panorama

Terbayang, betapa ganasnya virus ini menyerang dan menular? Sebenarnya, ada juga body bis buatan anak bangsa yg tak kalah garang, seperti varian Legacy dari Laksana, Evonext by New Armada, dan juga Scorpion King made in Tentrem.
 Namun mengapa di Indonesia New Travego justru menjadi penguasa rumah rumah di atas chasis? Benarkah bis bis Eropa terkenal akan kualitas, kenyamanan, dan kemewahanya, sehingga para petinggi PO di Indonesia baik yg berbudget menggunung sampai yg hanya pas pasan secara gampang mengikuti style tren ala bis bis Eropa? Hmmm,,, entahlah...

No comments:

Post a Comment