Saturday 22 March 2014

PRODUK TERBARU DARI RAHAYU SANTOSO

Helo, kawan sekarang ane mau share tentang karoseri rahayu santoso, yang katanya membuat bus dengan model sky liner. seperti apakah bus-bus tersebut . langsung saja, cekidottt.





nah itu dia , sky liner dari karoseri rahayu santoso.

moga manfaat guys...
salam bus mania sejati

Thursday 20 March 2014

BEBERAPA BUS YANG PALING POPULER DI DUNIA

20 MARET 2014

Nah, para pencinta bus, tentunya semakin penasaran bukan.Bus-bus  yang saling bersaling demi kenyamanan penumpang.bus-bus tersebut paling top di dunia.
Bus-bus paling TOP di dunia saat ini adalah Travego, Setra, Scania, Irizar, Neoplan, Lion Coach, Volvo dan masih banyak lagi, hampir semua bus tersebut memiliki keunggulan masing-masing baik dari segi disain yang berkarakter dan juga fitur yang ada dari bus-bus tersebut. Mungkin bagi penggemar bus di Indonesia hanya mengenal beberapa model bus diatas antara lain sosok Travego yang boleh dibilang sang Legenda karena saat ini pun dapat kita jumpai Travego-Travego versi Karoseri Indonesia yang hampir semua karoseri memiliki model tersebut antara lain Adi Putro Royal Coach terkenal dengan Jetbus, New Armada dengan Grand Aristo, Tentrem dengan Jupiter, dan beberapa model lainnya.
Lalu bagaimana dengan bus-bus TOP dunia mari kita lihat urutan dari posisi tujuh hingga satu sebagai bus terbaik Dunia.
Volvo 9700 7th TOP bus World
Volvo 9700 dinobatkan menempati posisi ke tujuh sebagai bus terbaik dunia. Model bus Volvo 9700 tergolong halus (smooth) dan jarang sekali model bus ini dibuat oleh karoseri lokal Indonesia mungkin karena dilihat klasik dan sederhana.
Volvo 9700 mendapat julukan "The Conservative" yang mungkin berarti sederhana atau tradisional dilihat dari modelnya pun simple tidak neko-neko atau norak. Dengan konsep disain yang sederhana inilah Volvo 9700 menjadi pilihan perusahaan otobus untuk memilihnya karena model yang seperti ini akan lebih awet oleh pergantian zaman karena model bus Volvo ini tidak musiman yang hanya terkesan "wah" disaat kemunculan perdana melainkan tetap enak dipandang meski sudah muncul model-model bus baru pesaingnya.
Irizar PB 7 bus paling TOP di duniaIrizar PB merupakan varian bus dari karoseri Spanyol yang terkenal dengan model bus yang dibilang mewah karena dari penampilan eksteriornya saja, Irisar PB sudah mencerminkan kemewahan yang berbeda dari model-model bus lainnya. Bus ini sangat favorit bukan hanya dibenua Eropa melainkan di Indonesia terbukti banyak PO besar sekelas PO Nusantara, Nusa Indah dan lainnya menyukai model Irizar buatan Karoseri Adi Putro dan New Armada. Irizar PB dijuluki "The Luxury" karena memang dari sekian varian Irizar mungkin yang sangat terkenal untuk bus-bus kelas premium adalah seri Irisar PB sehingga bus ini sangat cocok digunakan sebagai bus-bus khusus mewakili kemewahan sekelas hotel bintang lima tidak salah irizar PB menempati urutan ke enam dalam tujuh bus terbaik di dunia.


Lion's Coach 7 Bus terbaik DuniaLion's Coach menempati urutan ke lima dalam tujuh Bus terbaik dunia, Lion's Coach merupakan bus buatan dari MAN yang sudah terkenal sebagai produsen truck dan bus asal German.  Lion's Coach menawarkan kehandalan, kenyamana, aman, ekonomis yang menjadi nilai jual dibeberapa perusahaan otobus di eropa, dimana MAN Lion's Coach memberikan rasa percaya dan merasa aman di atas chassis dan engine MAN yang sudah terkenal kehandalannya. Terbukti PO Nusantara Kudus pun membeli chassis MAN R37 triple axle untuk memperkuat armadanya. 
"The Guard" Julukan yang cocok untuk Lion's Coach karena memang model bus ini mampu bertahan dalam persaingan antar perusahaan besar lainnya di seluruh dunia.
Scania Touring 7 Bus terbaik DuniaScania Touring menempati posisi ke empat dalam pemilihan tujuh bus terbaik dunia, kesan garang dan galak terpancar dari model bus Scania Touring yang juga menjadi salah satu model bus populer di Indonesia selain Travego. Dimana model Scania Touring ini di adopsi menjadi Scorpion King oleh karoseri Tentrem sehingga karoseri asal Jawa Timur ini dapat bersanding dengan  karoseri-karoseri besar di Indonesia dan menjadi terkenal di kancah industri karoseri di Indonesia. Scania Touring mendapat julukan "The Explorer" karena karakter bus ini memang sangat cocok untuk berpetualang atau sebagai armada pariwisata. Selain dari pada itu trend rear lamp Scania Touring pun menjadi influance sangat besar bagi inspirasi perkembangan bus-bus indonesia.


Neoplan starliner bus terbaik dunia
Neoplan Starliner menempati posisi ketiga dalam pemilihan tujuh bus terbaik dunia. Model bus Starliner ini memang sangat unik dan tampil beda dengan model bus lainnya karena karakter yang kuat muncul terlihat dari tampilan depan, bus ini lebar dan besar selain dari pada itu fitur kenyamanan, keamanan, ditambah fitur yang sangat menarik adalah Panorama view dari kaca roof top menambah nilai jual tinggi karena Neoplan Starliner memiliki kaca yang lebar pada bagian depan bus sehingga sangat cocok untuk menikmati pemandangan saat dalam perjalanan untuk berpariwisata. 
Julukan "The Legend" yang disematkan mungkin sangat cocok karena bus ini dapat menjadi legenda dengan membawa jiwa sang legenda yang kuat terpancar dari garis disain head lamp serta kaca yang lebar menjadikan pilihan terbaik bagi perusahaan otobus memilih model ini.
Setra bus terbaik dunia
Setra merupakan saudara dari travego dibawah bendera evobus karena memang setra dan travego berdiri satu atap. Setra merupakan bus yang memiliki gaya karakter yang sangat kuat terutama pada model selendangnya, selain dari model head lamp yang bisa kita jumpai pada legacy sky karoseri laksana. Bahkan model bus Setra sempat naik daun di Indonesia terbukti banyak karoseri Lokal membuat model yang sama seperti aslinya. 
"The Stylish" julukan yang menempel pada model bus ini karena memang model setra melekat dari kemunculan perdanannya hingga saat ini. Terbukti untuk Setra Top Class baru melakukan penyegaran model di tahun 2013 hal ini menunjukan bahwa model Setra dapat menerjang ruang dan waktu meski banyak model-model bus baru yang menarik tetapi model Setra tetap menjadi pilihan oleh karena itu Setra mendapatkan posisi ke dua dalam pemilihan  bus terbaik dunia. 

Nah dari sekian banyak model bus didunia yang menjadi jawara dalam ajang pemilihan tujuh bus terbaik di dunia adalah saudara kandung Setra yaitu "The MasterpieceTRAVEGO.
Tidak perlu di jelaskan panjang lebar kenapa Travego menjadi yang terbaik dari yang paling baik,  pastinya rekan - rekan penggemar bus sudah memiliki penilaian kenapa Travego menjadi nomor satu di Dunia.

Travego bus terbaik dunia
 

Tuesday 18 March 2014

TEASER MAGNATO VIZION DARI NEW ARMADA

18,maret2014
  
Teaser Magneto Vizion New Armada
Sebentar lagi akan hadir event bergengsi IIBT 2014 di JIexpo Kemayoran, Jakarta, dan karoseri New Armada Magelang sepertinya akan unjuk gigi kembali setelah satu tahun lalu meluncurkan Evonext GT dan Touristo. Dan dari kabar yang beredar sebuah medium bus Magneto Vizion dan satu big bus yang belum diketahui model apa yang akan bergaya di ajang IIBT 2014 bulan maret nanti.Kita tunggu saja kehadirannya di IIBT 2014 nanti. Berikut cuplikan teaser front view Magneto Vizion by Karoseri New Armada.
Teaser Magneto Vizeon New Armada
Teaser Magneto Vizion New Armada

Sunday 16 March 2014

halo, kawan -kawan , ane mau share tentang karoseri bus yang ada di indonesia.apa saja namanya, lansung saja cekidot.

1. Adi Putro
  


Adiputro merupakan salah satu pencetus Komitmen dalam Standarisasi produk. Bis-bis berkelas eksekutif adalah bis yang paling banyak dibuat oleh pabrik karoseri yang memperkejakan 600 orang karyawan ini. Karoseri yang mengusung jargon "Senantiasa Terdepan" ini berusaha memberikan yang terbaik bagi pengusaha dan pengguna bis. Jauh sebelum Toy0ta Original Body (TOB) muncul, juga pernah berjaya dengan produk karoseri minibusnya (kijang, carry, dll) .

2. Laksana
  
Laksana merupakan karoseri dengan jumlah model produk yang paling banyak diantara yang lain, dengan penyesuaian mode transportasi jaman sekarang, serta peningkatan mutu kualitas produk.
3. New Armada
  
PT. Mekar Armada Jaya didirikan pada tahun 1974 oleh Bp. David Herman Jaya, dengan dimulai dari sebuah bengkel rumahan di Jl.Prawiro Kusuman no.3 Magelang. New Armada yang bergerak dibidang karoseri, pada tahun 1976 menempati areal seluas 9000 m2 di Jl. Raya Mertoyudan Magelang dengan karyawan 200 orang.

4. Tentrem
  
Tentrem bermula dari bisnis transportasi yang didirikan pada tahun 1986, dengan mengoperasikan bus ekonomi untuk beberapa trayek di Jawa Timur. Untuk memenuhi kebutuhan perbaikan bodi bus Tentrem yang rusak baik karena pemakaian maupun karena terlibat kecelakaan, Tentrem mendirikan bengkel perbaikan bodi bus.

Setelah melalui badai krisis ekonomi pada medio 1998, bengkel bodi Tentrem mulai banyak berkembang, hingga menjadi karoseri umum yang keberadaannya cukup diperhitungkan dalam percaturan bisnis karoseri di Indonesia.


5. Trisakti
  
Bus tingkat (werkudoro) yang beroperasi di solo adalah salah satu produk dr karoseri Trisakti

6. Trijaya Union
  
Karoseri Trijaya Union merupakan salah satu karoseri tertua di Indonesia dan sangat berpengalaman di bidang industri karoseri sejak tahun 1982 sampai saat ini.

7. Rahayu Sentosa
  
Rahayu Santosa, perusahaan yang bergerak di bidang karoseri, menitikberatkan pada penyediaan peralatan operasional. Berdiri sejak 1961 di Bogor, Indonesia.

8. Gunung Mas

  
Salah satu produk dari karoseri Gunung Mas. Pabriknya terletak di Jalan Raya Solo No. 41 Jiwan - Madiun.

9. Restu Ibu
  
PT. RESTU IBU PUSAKA merupakan anak perusahaan dari BLUE BIRD GROUP yang bergerak di bidang jasa transportasi. Ide pendirian berasal dari (Almh.) Ibu Hj. Siti Fatimah Djokosoetono, SH. yang merupakan pendiri BLUE BIRD GROUP sebagai bagian dari pengembangan perusahaan khususnya dalam penyediaan sarana transportasi bis. Hal ini sejalan dengan didirikannya usaha jasa persewaan bis dengan nama BIG BIRD pada tahun 1979.

10. Morodadi Prima
  
Dahulu bernama karoseri Tanaking. Kini berubah menjadi Morodadi Prima. Karoseri bis tertua di Malang ini hingga saat ini masih tetap eksis memproduksi bodi bis beserta interior pendukungnya.

Morodadi Prima didirikan oleh seorang pengusaha dari Malang bernama Bambang Gunawan. Dalam perkembanganya Morodadi Prima terus memproduksi dan mengembangkan produksinya dalam konsep yang selalu mengedepankan kualitas baik proses maupun matrial. Maka tidak heran jika produksi dari Morodadi Prima benar-benar berkualitas prima dan selalu oke. Siapapun orangnya pasti mengenal Morodadi Prima. Karoseri Morodadi Prima memiliki karakter elegance, harmony dan selalu mengedepankan safety namun tetap mengacu pada model up date.


11. Korindo
  
Karoseri ini merupakan salah satu bagian usaha dari grup Korindo yang mempunyai banyak bidang usaha, seperti konstruksi, perkebunan, perbankan dan broadcasting(TV).

12. Cipta Karya
  
Cipta Karya merupakan karoseri yang bermarkas di Medan, banyak dipakai oleh PO Medan terutama yang tidak punya trayek ke Jawa. Modelnya mengikuti model karoseri Rahayu Sentosa dengan variasi MINOR di bagian face, pintu dan bagian belakang. Beda dengan sebagian karoseri lain yang pake bahan fiber untuk dinding, body Cipta Karya pake bahan plat baja.

13. Tugas Anda
  
Merupakan salah satu karoseri yang berawal dari sebuah bengkel kecil yang berpusat di Jawa Timur. Dengan spesialisasi produknya pada mini bus, dengan beberapa produk unggulan mini bus.

Itulah 13 Karoseri Bus Top Kebanggaan Indonesia, semoga bermanfaat. (bersumber dari mifone.blogspot.)


 
nah para pecinta bus , tentunya ini membuat senang bagi para komunitas bus lovers.


ini gan ,scorpion x dari tentrem siap meramaikan perkembangan bis indonesia


sudah nggak sabar nih!   langsung saja cekkiddott!!!!!!!!!!!!!!!!!


ScorpionX OH 1836 The Next Scorpion King

Scorpion X Karoseri TentremScorpionX dari Karoseri Tentrem merupakan produk terbaru seri kelanjutan dari sang Scorpion King yang sebelumnya menggunakan model dari Scania Touring. Dari beberapa sumber kami mendapatkan foto ScorpionX terbaru dari karoseri tentrem, yang untuk perdananya dibawah bendera PO Harapan Jaya dan menggunakan Chassis terbaru dari Mercedes Benz OH 1836.
Jika di lihat sekilas model ScorpionX dari Karoseri Tentrem masih mempertahankan model sebelumnya Scorpion King dengan Scania Touringnya. Tetapi menambahkan beberapa polesan yang membuat model ScorpionX berbeda, menurut pengamatak kami ScorpionX merupakan design gado-gado Swedia dan Brazil. Mari kita bahasa satu persatu dimana letak perubahannya.
Front ScorpionX Karoseri Tentrem

Head Lamp ScorpionX
Head lamp yang digunakan ScorpionX mirip model dari Bus asal Brazil Karoseri Marcopolo " Paradiso G7" tetapi scorpionX tidak mengambil Strip Grill nya.  Karoseri Tentrem membuat grill depan ScorpionX dengan disain mereka sendiri.
Selendang ScorpionX
Mereka membuat konsep sendiri dengan mempertegas lekukan yang ada sebelumnya di Scorpion King dengan menambahkan variasi warna silver menambah kemewahan dan kami kira ini merupakan nyawa dari ScorpionX.
Fog Lamp ScorpionX
Rumah Fog lamp ScorpionX masih mirip dengan Paradiso G7 dari karoseri Marcopolo Brazil, dengan tambahan variasai LED lamp menambahkan detail yang menarik.
Bamper ScorpionX
Ini yang menarik dari ScorpionX, karena Karoseri Tentrem berani membuat bumper yang lebih variatif dan terlihat sporty.
  
Tentrem Scorpion X OH 1836 The Next Scorpion King
ScorpionX OH 1836 by: Karoseri Tentrem
Paradiso G7 Marcopolo
Paradiso G7 Foto by: Marcopolo


Rear ScorpionX Karoseri Tentrem
Kaca belakang ScorpionX masih terkesan biasa original Karoseri Tentrem, yang paling mencolok dan X-treme adalah tutup engine belakang. Seperti pada seri sebelumnya Karoseri Tentrem memiliki Actor yang memiliki design Grill depan yang unik karena sangat berani mengekspos dengan lubang-lubang yang besar dengan paduan frame yang di tonjolkan.
Rear Lamp ScorpionX yang digunakan masih sama dengan Scorpion King yaitu Skyline dari Scania Touring. Tetapi lihat  pada bagian kaca samping bagian belakang Karoseri tentrem variasi hampir mirip dengan bus VDL Futura meski tidak sama persis.

Tentrem Scorpion X OH 1836 The Next Scorpion King
ScorpionX OH 1836 by: Karoseri Tentrem
VDL FUTURA
VDL Futura Foto by: Google
Melihat kebelakang nampak sekilas model kaca belakang scorpionX mirip dengan bus Setra Comfort Class, dengan garis kaca yang sederhana dan emblem di belakang kaca.

Scorpion X OH 1836 The Next Scorpion King
ScorpionX  foto bismaniaorg 

Setra Comfort Class
Setra Comfort Class Foto : mercedes benz Blog

Scorpion X OH 1836 Karoseri Tentrem
Foto by: Ardian kusuma wardana

Tetapi dari semua model terbaru ini kami tetap bangga dengan produk-produk dari karoseri tentrem karena dari pengamatan kami ScorpionX memiliki detail yang berani, karakter yang tegas dan siap bersaing dengan model-model karoseri lain di Indonesia.

Ajang Karoseri di IIBT 2014

Tanggal IIBT 2014
IIBT 2014 (Indonesia International Bus, Truck, Heavy duty Vehicle dan equipment) merupakan ajang bergengsi bertaraf Internasional yang akan digelar di dua kota besar Indonesia yaitu JIExpo Jakarta 19-22 Maret  2014 dan Grand City Surabaya 27-29 Agustus 2014, nah bagi perusahaan karoseri di Indonesia ajang IIBT 2014 ini sangat tepat untuk memamerkan produknya agar lebih dikenal oleh Perusahaan Otobus ataupun beberapa perusahaan manufaktur untuk saling berkerja sama. Kira-kira Karoseri seri besar di Indonesia siapakah yang akan siap unjuk gigi di acara IIBT 2014 ini?? mari kita lihat lebih jauh. 

Biasanya Karoseri besar yang bermarkas di Jawa Tengah yaitu Karoseri New Armada selalu tampil dalam ajang IIBT dari tahun ke tahun, Kira-kira apa ya yang Ingin di pamerkan ?? Setelah tahun lalu Evonext GT dan Medium bus Touristo apakah ada kejutan bus baru di tahun 2014 ini? Kita tunggu saja kehadiran bus-bus luar biasa yang siap menghiasi jalanan Indonesia.
Ajang Karoseri di IIBT 2014
Dari kabar lain sempat mucul penampakan varian bus terbaru dari karoseri Adi Putro yang sangat menghebohkan dunia perbisan Indonesia, Jetbus Z sosok yang masih dalam prototype di bawah bendera beberapa PO besar di Indonesia akan kah ini juga akan di pamerkan di acara IIBT 2014?? Karena kita ketahui karoseri Adi Putro biasanya ikut andil di acara pameran otomotif IIMS yang lebih terbuka dibandingkan IIBT yang lebih spesifik target pasarnya.
Atau kah Karoseri besar lainnya yang jarang terdengar suaranya seperti Morodadi Prima, Rahayu sentosa, Laksana ataukah Tentrem dan juga karoseri Trisakti ikut serta dalam acar bergengsi ini.?? Kita tunggu saja kehadirannya bulan maret dan agustus mendatang

Saturday 15 March 2014

perkembangan karoseri laksana semakin maju di tanah air indonesia

Foto Legacy Sky SR-2 Karoseri Laksana

Bus Legacy Sky SR-2 merupakan produk karoseri Laksana yang terbaru kabarnya, dari beberapa informasi yang kami dapatkan Legacy Sky SR-2 sedang di kembangkan dalam bentuk prototype. Dan dibawah ini kami melihat ada penampakan foto teaser sebuah bus dari halaman fans page karoseri laksana. Apakah ini yang merupakan produk kelanjutan dari Legacy Sky SR-1 dari Karoseri Laksana 


Foto Legacy Sky SR 2 Teaser
Foto Legacy Sky SR-2 Karoseri Laksana
Foto Legacy Sky SR 2 Teaser

Foto Legacy Sky SR 2 Teaser

Dari teaser di atas apakah Legacy Sky SR-2 All new atau hanya face lift saja sebagai penyegaran dari seri sebelumnya Legacy Sky SR-1

Nah belum muncul Legacy Sky SR 2 kini sudah muncul varian lainnya yaitu Legacy Sky Sr 1 Premium disebutnya kepunyaan PO SAN.

Foto Legacy Sky SR-1 Premium Karoseri Laksana
Foto Legacy Sky  SR 1 Karoseri Laksana | BusmaniaIndo

Foto Legacy Sky SR-1 Premium Karoseri Laksana
Foto Legacy Sky SR 1 Premium Karoseri Laksana | BusmaniaIndo

Wednesday, 12 March 2014


seiring kemajuan alat transformasi, kini perusahaan bus saling bersaing secara sehat.sehingga tak heran jika ada even pameran bus, maka mereka mengeluarkan produk trbaiknya.

Pamer Produk Terbaru di IIBT

iibt600“Semua siap?” tanya Suhargo Gentur setengah berteriak. Lalu Gentur mengecek satu persatu penumpang bus “Banteng” berkelir putih. Maklum, Sabtu (27/03/10), Gentur menjadi koordinator kunjungan JakBuS ke Indonesia International Bus and Truck Exhibition (IIBT). Saat berangkat pukul 11.30, di dalam bus riuh rendah suara anggota JakBuS membicarakan apa yang akan mereka lihat di ajang pameran yang sudah digelar untuk kedua kalinya itu.

evobus“Rabu, waktu pembukaan, banyak pemilik bus yang hadir,” ujar Pande yang mengikuti pembukaan pameran bersama beberapa anggota JakBuS yang mendapat undangan VIP. Wajar jika akhirnya anggota JakBuS yang ikut dalam rombongan bersemangat. “Penasaran mau lihat Evobus-nya New Armada, yang diceritakan Pande” kata Ilham.

Benar saja, tiba di PRJ Kemayoran, tempat pameran digelar, anggota JakBuS langsung menuju Evobus di stand karoseri New Armada,Magelang. Seperti biasa tangan-tangan anggota JakBuS langsung memegang “senjata” andalan.....apalagi kalo bukan kamera saku. Istofa bahkan sudah siap dengan kamera DSLR-nya. “Wah bagus ya Evobus, mantab,” kata Istofa sambil mencari angle yang pas untuk fotonya.

Evobus yang dibangun diatas chasis Hino RK8J cukup menarik. Sepintas mirip Scania Irizar milik PO Nusantara. Berwana ungu, dengan balutan jok kulit warna krem yang terlihat mewah dan nyaman diduduki. Evobus dilengkapi toilet seperti kebanyakan bus. Kaca samping yang lebar memungkinkan penumpangnya melihat pemandangan di luar bus dengan leluasa.

Stand-stand lain tak kalah menarik, karoseri Laksana menampilkan produk terbarunya Legacy. Laksana laksana3memamerkan unit yang dibangun di atas chasis Mercede-Benz OH-1525. Dibandingkan Legacy yang dibawa untuk roadshow bersama JakBuS September 2009 lalu, produk yang dipamerkan di IIBT mengalami sedikit perubahan. “Kami menambahkan lampu yang kami beri nama Lega Light yang lebih attraktif, ada console box tersembunyi di belakang kursi pengemudi, kami juga sengaja memamerkan unit dengan smoking area yang lebih luas,” kata Kus Ririn, tim desainer Legacy.

Di areal parkir, Laksana menyiapkan Legacy dengan chasis Mercede-Benz terbaru OH-1526. Bus ini diperuntukkan bagi peminat yang ingin membeli produk Legacy. Produk yang digunakan sebagai bus uji coba pameran ini baru saja lolos test standar Mercedes-Benz untuk seri OH-1526.

Tak hanya menampilkan bus, Laksana juga memperkenalkan Laksana Seat. Produk kursi Laksana. Dengan berbagai macam bentuk dan kebutuhan, kursi Laksana ini tak kalah nyaman dengan produk unggulan luar negeri. Laksana ingin memberikan kemudahan pada para pembeli bus produknya untuk memilih kursi yang diinginkan. Seperti konsep one stop shopping.

phoenixDi stand karoseri Triksakti, bertengger Phoenix LX. Varian terbaru Phoenix yang sudah beredar di jalanan sejak pertengahan tahun lalu. Karoseri asal Magelang ini memperbaharui tampilan belakang edisi pertama Phoenix. Selain itu pada bus yang dipamerkan, meski konfigurasi kursi 3 di kanan 2 di kiri interior terkesan mewah. Apalagi kursi yang digunakan terbalut kulit merk Hai. Hasil karya PT Rimba Kencana.

Rupanya karoseri Trisakti menggandeng PT Rimba Kencana untuk memamerkan produknya. Perusahaan pembuat kursi penumpang bus ini menampilkan kreasi terbarunya. Kursi dengan bentuk yang menyesuaikan lekuk tubuh dengan teknik cetak. “Kami sengaja membuat cetakan sesuai bentuk tubuh agar penumpang merasa nyaman saat duduk,” kata Permadi manajer operasional PT Rimba Kencana.

Permadi menambahkan, kursi penumpang saat ini menjadi bagian vial yang tak terpisahkan dari karoseri. Menurut dia, banyak karoseri mulai memperhatikan kenyamanan kursi penumpang, seiring dengan berkembangnya permintaan konsumen, baik perusahaan bus, maupun penumpang bus.

Nah kembali ke Phoenix LX, dengan warna oranye mirip bus Enjoy Jakarta milik Pemda DKI Jakarta, bus ini intevomenjadi perhatian kedua pengunjung pameran. Bus Mercedes-Benz ini juga berseri OH-1526. Seperti halnya bus uji coba karoseri Laksana, Phoenix LX Trisakti juga telah lolos uji Mercedes-Benz. Setiap pabrikan karoseri harus melalui uji Mercedes-Benz sebelum membangun karoseri sesui standar Mercedes-Benz. “Denger-denger bus-bus seri OH-1526 yang ada di pameran ini bakalan menghuni kandang gajah,” tanya seorang anggota JakBuS ke Pande. Lalu Pande menjawab, ”Cek ke kandangnya aja langsung.....katanya sih mo ada kejutan.”

Kasak-kusuk seputar unit-unit pertama OH-1526 yang dibuat karoseri yang ada di Indonesia masuk ke kandang gajah pun membuat penasaran anggota JakBuS. Sebab, dua unit yang dipamerkan di IIBT berdek tinggi. Ciri khas klangenan Pande.

Di penghujung kunjungan JakBuS, kejutan terjadi. “Mau coba Legacy Laksana,” ujar Kurnia Lesani Adnan, anggota JakBuS. “Gak salah nih?” tanya Budi yang disambut jawaban senyum oleh Sani, panggilan akrab Kurnia Lesani Adnan. Betul saja, tepat pukul 15.00 atau 15 menit setelah tawaran, ditemani Kus Ririn dan beberapa kru Laksana, acara test drive Legacy OH-1526 pun dimulai.

Yang pertama mengemudikan Legacy Gentur. “Penasaran mo ngerasain,” katanya. Di tangan Gentur, bus dicoba diareal parkir. Terasa nyaman, lebih halus dari seri sebelumnya OH-1525. Tak lama kemudi beralih ke “real test driver” Sani. Tak hanya jalan lurus, bus berbelok dengan lintasan angka delapan. Di sini keunggulan mesin OH-1526 lebih terasa. Lebih bertenaga dari pendahulunya, karena saat bus berbelok dan berpindah gigi, tak ada gejala tenaga yang turun untuk dipacu ke kecepatan yang lebih tinggi. Tak ubahnya seperti sedan.....Bodi Legacy pun terasa mantap. Tak ada bunyi-bunyian di bodi bus, saat berbelok maupun di jalan lurus. “Wuiih begini ya kalo nge-tes bus,” ujar Rama.

Dan usai test drive Legacy, tak disangka tim liputan Trans 7 memperhatikan bus. Saat turun Sani yang didekati reporter Trans 7 yang cantik langsung menawari, “Mo coba mbak?.” “Boleh sapa takut,” ujar sang reporter tak mau kalah, meski sedikit takut.

Akhirnya sesi pengambilan gambar dadakan pun dimulai. Setelah pengambilan gambar Legacy dari luar bus, di dalam bus sang kamerawan mengambil gambar reporternya yang mengemudikan bus. Tentunya di bawah instruksi Sani, instruktur dadakan dari JakBuS. “Wahhh gak kebayang ya bisa nyobain bawa bus.....seru juga,” kata sang reporter.



bravo bus mania.
seiring perkembangan jaman, armada bus saling berlomba-berlomba untuk menjadi melyani masyarakat yang terbaik. untuk itu banyak sekali yang menambahkan beberapa fitur yang mewah dan istimewa.

1. Omah Mlaku (PO. Nusantara)


Pertama adalah bus Omah Mlaku. Bus seharga 4 miliar merupakan bus dengan fasilitas bintang 5. Bus yang diluncurkan oleh PO. Nusantara ini dibangun diatas mesin Volvo B12M yang memiliki kapasitas mesin 12.000 CC dan power maksimal 420 HP. Bus ini memiliki desain interior mewah dengan sofa dilapisi kulit. Kursi pijat elektronik serta televisi LCD 32 inchi. Di dalam Omah Mlaku juga terdapat dapur kering lengkap dengan kulkas, microwave, pemanas air, dan pemanggang roti. Penumpang bus juga bisa mengisi kejenuhan selama perjalanan jauh dengan berkaraoke. Bus mewah ini memiliki fasilitas Wi-Fi bekerja sama dengan operator Indosat, memiliki koneksi internet HSDPA atau 3,5 G yang dapat memberikan data hingga kecepatan 3,6 Mbps. Sementara ini bus ini masih melayani pesanan dari dareah Jawa. untuk harga sewa, bus mewah ini dibandrol dengan harga 8 juta rupiah/hari. Ingin tau bagaimana dalamnya? lihat gambar berikut....







2. Omah Mlayu (PO. Nusantara)


Masih dari kerabat PO. Nusantara, bus yang merupakan "adik" dari bus Omah Mlaku tersebut juga mempunyai fasilitas yang menawan. Dengan body Irizar yang dipesan khusus dari karoseri Adi Putro, bus yang berwarna merah maroon ini juga menjadi favorit para pebisnis untuk melakukan perjalanannya. Bus bermesin Scania K124IB buatan Swedia ini juga memiliki fasilitas yang "wow".  Berikut ini adalah gambar interior
yang dimiliki oleh bus Omah Mlayu...........








3. Limo Bus (Sumber Group)


Yang ketiga adalah Limo Bus yang dimiliki oleh PO. Sumber Alam. Bus yang memiliki panjang 13,2 meter ini adalah bus tepanjang di Indonesia. Bus yang menggunakan mesin Mercedes-Benz OH 1521 ini merupakan hasil rombakan chassis, yaitu penambahan komponen double gardan yang menjadikan panjang bus ini menjadi bertambah sekitar 1 meter. Karoseri yang digunakan adalah Karoseri Laksana, dengan body khusus yang merupakan pesanan dari PO. Sumber Alam. Bus ini juga memiliki fasilitas yang ciamik, yang menjadikan bus ini memiliki kesan tersendiri. Sayang, karena panjang dari Limo Bus ini menjadi masalah karena peraturan yang berlaku menyebutkan bahwa panjang bus maksimal adalah 12 meter. Berikut ini adalah tampilan interior dari Limo Bus....






4. Bus Imah Leumpang (PO. Metroplitan)

Bus Imah Leumpang ini merupakan salah satu produk terbaru yang dimiliki oleh PO. Metropolitan. Bus balutan karoseri Adi Putro Royal Travego ini dibangun di atas chassis Volvo B7R. Fasilitas yang terdapat di dalam bus ini antara lain AC, Music, TV - VCD / DVD, Karaoke, Kursi Pijat, Lemari Pendingin, Kitchen Set, hingga Ruang Meeting. Bus ini juga menjadi favorit para pebisnis untuk melakukan perjalanan ke luar kota. Berikut ini adalah interior yang dimiliki oleh Imah Leumpang....


5. AM Trans Luxurios (PO. AM Trans)

Ini yang terakhir guys, bus yang dimiliki oleh Perusahaan Otobus asal kota Kembang ini juga menjadi salah satu bus yang memiliki fasilitas lebih di Indonesia. Bus ini menggunakan chassis bermesin Hino RK-8 R260 yang telah dimodifikasi (ditambahi 1buah gardan).Bus ini memiliki fasilatas yang tidak kalah menarik, antara lain karaoke, kursi pijat, AC, sofa , kamar tidur, toilet, bahkan home teater, ruang khusu perokok, dan dapur yang siapmemanjakan penumpang. mari kita intip interiornya....

Cukup seikan informasi dari saya guys, semoga bermanfaat. Terima kasih telah mengunjungi blog saya....